Rabu, 07 Maret 2012

Datawarehouse pada minimarket

Sebuah minimarket yang menjual berbagai macam barang memiliki sebuah sistem informasi untuk mengelola penjualan secara langsung, pengadaan barang dan stock control.
Berikut adalah proses - proses yang terjadi dalam minimarket tersebut.
  • Proses bisnis dalam penjualan barang terjadi ketika seorang customer memilih barang yang akan di beli. Setelah customer telah memutuskan untuk memilih barang yang akan di beli, kemudian customer akan menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Sebelum melakukan pembayaran, kasir akan meminta identitas dari customer tersebut,  Jika customer merupakan member, maka identitas customer akan di catat dan jika customer bukanlah member, maka data - data customer itu akan di abaikan. Kemudian kasir akan membuatkan nota penjualan barang, setelah barang diterima oleh customer maka customer akan melakukan pembayaran. Proses ini akan berakhir ketika kasir memberikan bukti pembayaran kepada customer.
  • Proses bisnis untuk pembelian barang dari supplier dimulai ketika pihak dari minimarket tersebut menghubungi supplier dan memesan barang. Supplier kemudian akan membuat nota pembelian barang. Barang yang sudah di pesan akan kemudian diantar ke minimarket. Jika barang sudah, maka proses selanjutnya yaitu pembayaran dari pihak minimarket ke supplier. Setelah proses pembayaran selesai, maka supplier akan memberikan bukti pembayaran dan proses selesai.
  • Proses stock barang. Proses di lakukan agar barang  dalam gudang tidak kehabisan. Setiap bulannya, pegawai minimarket mengecek ketersediaan stock barang pada gudang.
Berikut adalah laporan - laporan yang dibutuhkan oleh minimarket tersebut
  • Laporan mengenai penjualan barang meliputi barang yang terjual dan total barang yang terjual. Total penjualan didapatkan dari jumlah barang yang dikalikan dengan masing - masing harga barang.
  • Laporan mengenai pembelian barang meliputi barang yang dibeli dan total barang yang dibeli. Total pembelian didapatkan dari jumlah barang yang dikalikan dengan masing - masing harga barang.
  • Laporan juga harus dapat dilihat dari segi employee, Supplier, customer, barang, position dan tipe barang.
Keterangan :
  • Laporan penjualan barang harus dapat dilihat dari segi employee, customer, barang, position dan tipe barang
  • Laporan pembelian barang harus dapat dilihat dari segi employee, supplier, position, barang dan tipe barang

5 komentar:

  1. ui, itu aneh, customer menjual penjualan ?
    kwkwkwk

    BalasHapus
  2. wkwkkw anda salah baca.. yg bener penjualan di lakukan oleh customer..

    BalasHapus
  3. WKKWKWKWKW, disini ga bisa berkata kasar ya. ahhh ga asik.

    kalo menurut dr gambarnye kgk begitu, customer membeli dong mestinya kok menjual

    oh iya lupa kasi nama ktnya
    yoshua 1301037631

    BalasHapus
  4. wkaokwoawa maap2.. mksd saya transaksi penjualan di berikan kepada customer.. semacam hak gitu..

    BalasHapus